• image
  • image
  • image
  • image

Sehat Sebagai Amanah

Print PDF

probioterra-sehat-itu-amanah

Selain sebagai nikmat dari Allah Ta’ala, kesehatan adalah sebentuk amanah yang harus kita pertanggungjawabkan kepada Zat Yang Memberi amanah tersebut. Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasalam mengingatkan, “Hal yang pertama kali ditanyakan kepada seorang hamba dari kenikmatan-kenikmatan Allah kelak pada hari Kiamat ialah ucapan, ‘Bukankah telah kami berikan kesehatan pada tubuhmu dan kami berikan air minum yang sejuk?’ (HR. Tirmidzi).

Dalam hadist lain, Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasalam pun bersabda, “ Tidak akan bergerak kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dimintai pertanggung jawaban tentang empat perkara, tentang umurnya kemana dia habiskan, tentang ilmunya yang mana saja yang telah dia amalkan, tentang hartanya dari mana dia dapatkan dan kemana dia belanjakan dan tentang badannya (kesehatannya) untuk apa dia pergunakan.” (HR. Tirmidzi)

Kita dituntut untuk menjaga vitalitas diri agar dapat menjalankan fungsi kita sebagai khalifah dimuka bumi dengan sebaik-baiknya. Tanpa tubuh dan jiwa yang sehat, kita tidak akan berperan optimal dalam membangun peradaban. Hilang kesehatan bukan hanya menghambatkontribusi positif seseorang bagi masyarakatnya, tetapi bisa menjadi beban bagi orang lain, khususnya orang-orang terdekat. Apabila seorang suami sakit, keluarganya, anak istrinya, tempat kerjanya, sedikit banyak akan terkena imbas dari sakitnya tersebut. Apabila seorang istri sakit, suami dan anak-anak biasanya akan ikut menderita dan kesusahan. Dengan demikian, merusak atau mengabaikan kesehatan dapat dikategorikan perbuatan dosa (dzalim terhadap diri sendiri). Pelakunya dapat dianggap telah mengkufuri nikmt. Dari sini kita bisa memahami kalua berobat adalah sebuah kewajiban, sebuah ikhtiar untuk mendapatkan keridhaan Allah Ta’ala. “Wa idza maridhtu fa huwa yasyfiin; dan apabila aku sakit, Dialah(Allah) yang menyambuhkanku”, demikian doa Nabi Ibrahim yang diabadikan dalam QS Asy-Syu’ara, 26:80. Idealnya, kita tidak hanya berikhtiar dengan berobat dan berdoa memohon kesembuhan, kita pun layak memperbanyak tobat kepada Allah Ta’ala, terlebih kalua sakit tersebut terjadi akibat perilaku kuta yang buruk.

Tidak hanya itu, dalam kondisi sehat pun, kita diwajibkan untuk melakukan langkah-langkah yan bersifat pencegahan terhadap datangnya penyakit, semisal pengaturan diet yang tepat, menjaga dan memelihara kebersihan pribadi dan lingkungan, menjauhi penyakit hati, manajemen emosi(kemarahan), dan segala sesuatu yang dapat merusak kesehatan, baik fisik maupun mental kejiwaan.


Social Media

Fanspage-banner1  Fanspage-banner2
Fanspage-banner3  Fanspage-banner4
Fanspage-banner5  Fanspage-banner6

Hubungi Kami

mail              : admin@probioterra.com / cs@probioterra.com / marketing@probioterra.com / e-marketing@probioterra.com


Jam Kerja          : 08.00 - 16.00 WIB (Senin-Sabtu)

 

SMS Info Resmi (No Reply)
0815-1961-8712